End: KlikSaya.com -->

kotak
pencarian

Inilah Sosok Penting Yang Berjasa Mendongkrak Citra JK-Wiranto



www.unik77.tk
all about unik 77 : percaya atau tidak, kalau bisa sih unik setuju ?



sumber : http://yepiye.wordpress.com/2009/06/21/inilah-sosok-penting-yang-berjasa-mendongkrak-citra-jk-wiranto/



Ipang


Pesta Pemilihan Presiden (Pilpres) adalah adalah perang citra. Setiap tim kampanye berlomba memoles citra sang kandidat agar publik terpikat dan memilih mereka saat hari H pada saat hari pemungutan suara.


Irfan Asy’ari Sudirman mungkin tidak terlalu familiar dikalangan komunitas politik, walaupun berasal dari keluarga politikus. Sebab memang ia bukanlah politikus, namun perannya sebagai konsultan politik pasangan Jusuf Kalla – Wiranto cukup dominan. Dialah yang memoles pasangan JK-Win ini sedekimian rupa sehingga masyarakat mulai melirik dan tertarik pada pencitraan pasangan capres 2009 ini.


Seseorang yang lebih populer dipanggil Ipang, yang memiliki nama belakang Wahid karena dia memang cucu KH Wahid Hasyim, tokoh besar NU. Dia adalah putra KH Salahudin Wahid atau yang populer disebut Gus Sholah. Jadi, dia termasuk keponakan Gus Dur, mantan presiden.


Kendati keluarganya komunitas politikus terpandang, Ipang tidak terjun dalam dunia politik praktis. Dia malah menceburkan diri ke dunia profesional yang berhubungan dengan komunikasi dan pencitraan. Kini dia mendapat tugas berat untuk mendongkrak citra pasangan capres JK- Wiranto.


Melalui Fastcomm, perusahaan yang bergerak di bidang jasa komunikasi media, Irfan mengatur strategi komunikasi JK. Dia juga menangani sejumlah iklan untuk memperkenalkan lebih detail tentang sosok JK. Melalui iklan yang menonjolkan perannya di pemerintahan, pelan-pelan popularitas JK mulai naik.


Pria yang kini berusia 40 tahun itu mengakui, awalnya tidak mudah mendongkrak popularitas JK. Sebagai Wapres, JK selalu berada di bawah bayang-bayang SBY. Padahal, jika ditelisik lebih jauh, banyak peran JK yang signifikan. “Memang ada yang mencibir, ngapain bantu JK yang elektabilitasnya cuma 3 persen,” ujarnya mengomentari pesimisme sejumlah kalangan ketika awal dirinya menerima job itu.


Bagi saya, elektabilitas awal itu tidak penting. Tapi, ada idealisme bahwa orang ini harus saya bantu. JK konsepnya bagus, sosoknya sendiri bagus. Kekurangannya cuma popularitas. Dia tidak sepopuler SBY. Itu saja,” ujarnya.


Apa strategi untuk mendongkrak suara JK-Wiranto? Irfan menyebut ada tiga fase yang dia rancang untuk memoles citra JK.


Fase pertama adalah introduction dengan menampilkan pernyataan sejumlah tokoh tentang sosok, kredibilitas dan kinerja JK. Mantan Menko Ekuin Kwik Kian Gie, Ketua Umum PB NU Hasyim Muzadi, dan mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif, menyampaikan statemen tentang pribadi dan padangan hidup JK.


Fase kedua dan saat ini berjalan, adalah menampilkan iklan-iklan versi kemandirian. Sejumlah episode iklan tentang kemandirian, seperti pertemuan JK dengan Wapres Amerika Serikat Joy Biden, pembangunan bandara, dan kritik JK terhadap Departemen Pertanian, muncul terus di berbagai media televisi.


Pada fase kedua ini masyarakat mulai lebih tahu siapa itu JK, terutama pemilih rasional. Dan Anda lihat, popularitas JK mulai naik di perkotaan dan masyarakat terdidik yang cenderung rasional,” terang Irfan.


Namun, merangkul pemilih rasional tidak cukup bagi JK untuk melampaui popularitas SBY. Sebab, sebagian besar masyarakat masih memilih berdasarkan pertimbangan emosional. Segmen inilah yang hendak digarap Ipang pada fase ketiga. “Kami sadari itu. Mayoritas pemilih SBY itu emosional. Kami sudah menyiapkan materi-materi khusus untuk masuk ke segmen pemilih dengan karakter seperti itu,” katanya.


Ada sekitar lima versi iklan yang siap digeber Ipang pada fase ketiga. Namun, dia enggan membocorkan materi iklan yang akan dipublikasikannya. “Rahasia dong. Tapi, saya jamin akan menyentuh sisi emosional masyarakat,” tegas mantan konsultan Ahmad Heryawan yang sukses memenangi pemilihan gubernur Jabar itu.


Selain menggarap iklan, Ipang membantu mengatur pola komunikasi JK. Ada banyak hal unik yang dia temukan pada sosok saudagar Bugis itu. Dia mengakui tidak mudah mengubah sikap JK yang ceplas-ceplos, tak mau terikat birokrasi, serta selalu bertindak dan berpikir cepat. Sebab, gaya seperti itu adalah bawaan lahir.


Pak JK sudah terbiasa bertindak cepat. Dalam mengambil keputusan dia kadang tidak peduli orang mau appriciate atau tidak. Ini tidak penting bagi dia. Yang penting pekerjaan beres. Tetapi, di Pilpres, kita meminta beliau mengatur ritme. Sebab banyak orang yang memantau dan menilai”. Ungkap Ipang.

Artikel Terkait



1 comment:

yayat said...

makasih pak... tolong dobgkrak lebih keras lagi,, soal pemilih emosional tolong di iklankan juga isu BLT,KUR dan program kerakyatan lainnya,, bahwa pak JK yang pelopornya.. dan kata2 lanjutkan belum pantas di slogankan unuk SBY karena pemerintahan dulu adalah SBY-JK bukan yg skarang,, dan partai pemilu lalu adalah GOLKAR bukan DEMOKRAT jadi apanya yang mau dilanjutkan ?????

Post a Comment





CARA DAPAT DUIT DARI BLOG KAMU,

MAU ???

ayo gabung di www.kumpulblogger.com, disitu kita bakalan dapet duit tambahan ya itung-itung buat tambah uang saku dan bayar internet caranya gampang dan nggak ribet. Cukup daftar dan ikuti petunjuknya

apa sih kumpulblogger itu ?

Adalah Jaringan Blogger Indonesia untuk mendapatkan alternatif penghasilan tambahan, dengan cara menyediakan spot/ruangan pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser.

Untuk Siapa KumpulBlogger.com?


Target Market KumpulBlogger.com adalah Blogger Indonesia dan Advertiser Lokal, dimana Blogger menyediakan Media dan Advertiser Memasok Pesan Komersial didalam Blog-blog yang terhubung pada jaringan KumpulBlogger.com

Cara Kerja KumpulBlogger.com ?


Blogger mendaftarkan blognya, copy dan paste code yang diberikan, Pasang Code tersebut pada Blog masing-masing Blogger. Advertiser mendaftarkan keanggotaan pada KumpulBlogger.com, melakukan kegiatan publishing, materi artikel/iklan/promotional yang disubmit oleh advertiser akan disebarkan kepada seluruh Blog yang terjaring dalam KumpulBlogger.com.

cara daftar kumpulblogger.com


pertama masuk ke www.kumpulblogger.com, kemudian kamu daftar disitu, gampang nggak susah cuma disuruh ngisi alamat e-mail kita aja (tunggu beberapa menit). buka e-mail kamu karena password dikirim ke e-mail kamu, setelah itu masuk kembali ke www.kumpulblogger.com lagi dan log in deh dengan password yang dikirim ke e-mail kamu tadi.

nah setelah itu klik "tambah blog" nanti isi dengan benar kolom-kolom yang tersedia seperti "nama blog, keterangan tentang blog, alamat URL blog, category, tag URL" yang pasti yang harus kamu isi adalah alamat URL blog, disitu kamu harus isi alamat blogmu dengan benar jika salah bisa-bisa kamu ngedaftarin blog orang lain hehehe.... jika sudah beres tinggal klik submit aja...

untuk mendapatkan uang dari blogmu kamu harus pasang iklan di blogmu, kita dapat duit dari para pengunjung yang ngeKLIK iklan kita untuk ngedapatin script iklan, kamu tinggal klik "Script Text Advertising untuk Blog anda" yang tersedia disitu.

jika sudah, kamu tinggal COPY aja tuh script kemudian kamu PASTE di blog kamu beres khan tinggal kamu promosikan aja blog kamu di web pemasangan iklan gratis dan tunggu uang yang bakalan mengalir kerekening bank kau, jika mau gabungin blog kamu di kumpulblogger klik aja disini !!

ok good luck !!!



:: ISI BLOG : KLIK SEGITIGA ::




All the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. We don't hold any copyright about these pictures and news. These pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. If any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.

 

news forum network sharing movies music translator kamus online peta online Kotak Pesan