End: KlikSaya.com -->

kotak
pencarian

Sofwan Rahman, Konseptor Dan Kreator Iklan Mega-Prabowo Yang Diboikot Televisi



www.unik77.tk
all about unik 77 : percaya atau tidak, kalau bisa sih unik setuju ?



sumber :http://yepiye.wordpress.com/2009/06/24/sofwan-rahman-konseptor-dan-kreator-iklan-mega-prabowo-yang-diboikot-televisi/



Wallpaper-Mega-Prabowo


Setelah pada tulisan sebelumnya telah diketahui bahwa “ Ipang” sebagai sosok penting yang meningkatkan citra JK-Wiranto, kali ini mengenal sang konseptor dan kreator iklan-iklan kampanye pasangan capres dan cawapres Mega-Prabowo.


Sofwan Rahman (38) memang belum banyak dikenal di kancah pertarungan komunikasi politik tanah air. Khabarnya dia baru sekali menangani iklan politik, yaitu iklan Partai Gerindra pada Pemilu Legislatif 2009 lalu.


Saat ini ketika Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai cawapres pendamping Megawati, Sofwan Rahman kembali dipercaya untuk menggarap iklannya.


Sebenarnya sejumlah seri iklan dari 47 versi yang telah disiapkan dan telah diproduksi. Tetapi tidak semuanya bisa dinikmati masyarakat secara luas karena beberapa stasiun televisi hingga saat ini masih menolak menayangkan empat seri terakhir. Yaitu, iklan kampanye yang berjudul “Bangkrut”, “Mencintai”, “Harga”, dan “Pekerjaan”.


Keempat iklan ini sebenarnya sudah lolos dari lembaga sensor, namun iklan-iklan tersebut dianggap terlalu keras mengkritik oleh beberapa stasiun televisi dan hanya dua stasiun televisi yaitu TVRI dan Indosiar, yang berani dan tetap menayangkannya.


Kami memang tetap memakai gaya iklan yang sangat verbal seperti saat iklan Gerindra dulu, tidak memakai metafor,” ujar Sofwan kepada Jawa Pos kemarin (22/6).


Menurut Sofwan Rahman, pihaknya memutuskan menggunakan gaya iklan tersebut karena berada di posisi paling susah dibanding dua pasang kandidat lain. Sebagai sama-sama incumbent, SBY maupun JK bisa saling beradu klaim keberhasilan pemerintah selama lima tahun terakhir. “Mereka (SBY dan JK, Red) sangat enak posisinya, tapi kami tidak punya modal itu,” terangnya.

Karena itu, pihaknya memilih strategi kampanye dengan menyampaikan fakta-fakta lain di balik capaian pemerintah lima tahun lalu. Menurut Sofwan, dirinya berusaha menyampaikan secara gamblang sejumlah hal yang masih ditutup-tutupi pemerintah selama ini. “Statistik dilawan dengan statistik. Masyarakat juga perlu tahu sebagai bagian pendidikan politik,” tegas alumnus desain komunikasi visual ISI Jogjakarta itu.


Salah satu iklan Mega-Prabowo yang diboikot, berjudul “Harga“, memang terang-terangan melawan klaim pemerintah bahwa kesejahteraan rakyat telah ditingkatkan. Iklan itu dimunculkan di situs video You Tube.


Video Iklan Kampanye Mega-Prabowo ” Harga”



Iklan tersebut mengungkapkan harga barang yang semakin mahal lima tahun terakhir. Setiap adegan ditampilkan dengan format hitam putih. Baru di bagian akhir, iklan ditutup ajakan melakukan perubahan dengan memilih pasangan Mega-Prabowo. Di bagian tersebut tampilan iklan menjadi berwarna dan tampak lebih cerah. “Selain upaya hukum (terhadap televisi yang menayangkan), kami mulai sedikit menggeser iklan ke depan menjadi lebih sophisticated,” katanya.


Selama menangani iklan Mega-Prabowo, kendala yang dihadapi Sofwan sebenarnya tidak hanya saat penayangan. Saat produksi, timnya juga mengalami hambatan. Terutama, perizinan untuk tempat pengambilan gambar. “Saya tidak tahu, dibanding saat legislatif lalu, sekarang jauh lebih susah. Tapi, ya sudahlah,” ungkapnya, lantas tertawa menyindir.


Tantangan yang juga harus dihadapi anak bungsu dari 15 bersaudara dari salah seorang pengasuh pesantren di Kuningan, Cirebon, itu adalah kedua pasangan sendiri. Baik Mega maupun Prabowo bukanlah sosok yang senang dikemas dalam format kampanye by design. “Agak susah, tidak seperti kandidat lain yang sangat senang ‘bergaya’ di depan kamera. Keduanya justru tidak terlalu akrab,” paparnya.


Solusinya, gambar-gambar keduanya lebih banyak diambil dengan model candid camera. Atau, diambil dari reportase saat mereka berada di lapangan. “Ya, itu sudah gaya mereka, tidak perlu dipaksa-paksa,” tandas Sofwan.


Seberapa optimistis iklan-iklan yang diluncurkan mampu memenangkan Mega-Prabowo? Dia hanya menyatakan masih yakin bahwa dari iklan tersebut rakyat menjadi sadar akan pilihan terbaik dalam pilpres. “Soal menang atau kalah, itu Gusti Allah yang menentukan. Tapi, saat rakyat sadar itu telah menjadi kepuasan terbesar,” ujarnya.


Sumber : |Jawa Pos |Youtube

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment





CARA DAPAT DUIT DARI BLOG KAMU,

MAU ???

ayo gabung di www.kumpulblogger.com, disitu kita bakalan dapet duit tambahan ya itung-itung buat tambah uang saku dan bayar internet caranya gampang dan nggak ribet. Cukup daftar dan ikuti petunjuknya

apa sih kumpulblogger itu ?

Adalah Jaringan Blogger Indonesia untuk mendapatkan alternatif penghasilan tambahan, dengan cara menyediakan spot/ruangan pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser.

Untuk Siapa KumpulBlogger.com?


Target Market KumpulBlogger.com adalah Blogger Indonesia dan Advertiser Lokal, dimana Blogger menyediakan Media dan Advertiser Memasok Pesan Komersial didalam Blog-blog yang terhubung pada jaringan KumpulBlogger.com

Cara Kerja KumpulBlogger.com ?


Blogger mendaftarkan blognya, copy dan paste code yang diberikan, Pasang Code tersebut pada Blog masing-masing Blogger. Advertiser mendaftarkan keanggotaan pada KumpulBlogger.com, melakukan kegiatan publishing, materi artikel/iklan/promotional yang disubmit oleh advertiser akan disebarkan kepada seluruh Blog yang terjaring dalam KumpulBlogger.com.

cara daftar kumpulblogger.com


pertama masuk ke www.kumpulblogger.com, kemudian kamu daftar disitu, gampang nggak susah cuma disuruh ngisi alamat e-mail kita aja (tunggu beberapa menit). buka e-mail kamu karena password dikirim ke e-mail kamu, setelah itu masuk kembali ke www.kumpulblogger.com lagi dan log in deh dengan password yang dikirim ke e-mail kamu tadi.

nah setelah itu klik "tambah blog" nanti isi dengan benar kolom-kolom yang tersedia seperti "nama blog, keterangan tentang blog, alamat URL blog, category, tag URL" yang pasti yang harus kamu isi adalah alamat URL blog, disitu kamu harus isi alamat blogmu dengan benar jika salah bisa-bisa kamu ngedaftarin blog orang lain hehehe.... jika sudah beres tinggal klik submit aja...

untuk mendapatkan uang dari blogmu kamu harus pasang iklan di blogmu, kita dapat duit dari para pengunjung yang ngeKLIK iklan kita untuk ngedapatin script iklan, kamu tinggal klik "Script Text Advertising untuk Blog anda" yang tersedia disitu.

jika sudah, kamu tinggal COPY aja tuh script kemudian kamu PASTE di blog kamu beres khan tinggal kamu promosikan aja blog kamu di web pemasangan iklan gratis dan tunggu uang yang bakalan mengalir kerekening bank kau, jika mau gabungin blog kamu di kumpulblogger klik aja disini !!

ok good luck !!!



:: ISI BLOG : KLIK SEGITIGA ::




All the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. We don't hold any copyright about these pictures and news. These pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. If any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.

 

news forum network sharing movies music translator kamus online peta online Kotak Pesan