End: KlikSaya.com -->

kotak
pencarian

Ada Cacing Pita pada Seafood Mentah !



www.unik77.tk
all about unik 77 : percaya atau tidak, kalau bisa sih unik setuju ?



sumber :http://www.hidayatullah.com/index.php/berita/iptek/9676-2009-06-21-15-05-49



Anda penggemar makanan ikan mentah? Berhati-hatilah, penelitian menunjukkan bahwa jumlah serangan caci pita dari ikan salmon meningkat

Hidayatullah.com--Suatu hari di Agustus 2006, Anthony Franz menyambangi sebuah rumah sakit di Chicago, Amerika Serikat dengan membawa sebuah cacing sepanjang 270 sentimeter. Cacing itu bukan ditemukan di pekarangan kediaman Franz, melainkan berasal dari otaknya!

Ya, Franz hanyalah salah satu dari sekian penderita cacing pita, di mana jumlahnya terus bertambah. Meski kasus tersebut terbilang langka, sebuah penelitian menunjukkan bahwa jumlah serangan caci pita yang berasal dari salmon meningkat tiga kali lipat dari rata-rata 0,32 kasus per 10.000 orang di Kyoto, Jepang, menjadi setidaknya 1 kasus per 10.000 orang pada tahun 2008.

Dan, dengan semakin populernya masakan sushi—dan jenis makanan ikan lain yang tidak dimasak dengan matang—di penjuru dunia, penyakit cacing pita pun juga menohok hingga ke pelbagai negara termasuk Prancis, Swis, dan Amerika Serikat.

Apa yang dirasakan penderita cacing pita? “Rasa tidak nyaman, kesakitan, dan anemia,” terang Dr. Felipe C. Cabello, profesor Mikrobiologi dan Imunologi, New York Medical College, sebagaimana diberitakan ABC.

“Jenis cacing pita yang berbahaya adalah anisakis, yang dapat menyerang bagian perut dan perlu penanganan masif,” jelas Cabello seraya menambahkan bahwa cacing pita yang umumnya berasal dari ikan, perlahan-lahan dapat menggerus energi penderita.

Cacing pita dapat bertumbuh hingga sepanjang 7,5 meter dalam jangka sekian tahun.

Pada 2008, seorang wisatawan asal Ceko, mendadak sakit usai menyantap hidangan salmon mentah di Kanada. Saat pria malang itu kembali ke rumah, ia mengetahui bahwa terdapat cacing pita dalam tubuhnya.

Sementara di Brasil, cacing pita juga ditemukan dalam salmon sushi.

Ihwal kasus Franz, jenis cacing pita yang sempat bersemayan di otaknya adalah Diphyllobothrium latum. Tanpa tedeng aling-aling, Franz pun menuntut ganti rugi sebesar 100 ribu dolar AS kepada Shaw’s Crab House di Chicago—tempat ia menyantap hidangan yang disinyalir mengandung cacing pita itu—yang merupakan bagian dari jaringan perusahaan Lettuce Entertain You Enterprises of Chicago.

“Pada dasarnya kami telah menemukan bahwa beberapa jenis cacing pita disebabkan oleh pengolahan seafood yang kurang matang, khususnya salmon,” tutur pengacara Franz, Gergory Leiter.

Namun, president CEO Kevin Brown menampik tuntutan itu: “Dari hasil penyelidikan, kami yakin bahwa Franz tidak mendapatkan cacing pita itu dari restoran kami,” tegasnya. “Kami selalu mengutamakan hidangan yang aman dan layak untuk disantap,” ia meyakinkan.

Kasus Franz sendiri membuktikan bahwa tidak sulit menemukan ikan yang mengandung cacing pita di negeri Paman Sam. “Sewaktu saya bekerja di restoran, saya lebih sering menemukan ikan yang mengandung cacing pita di tempat kerja dibanding di supermarket,” aku Helen Rennie, praktisi boga dan pemilik sekolah memasak di Boston.

Beberapa jenis ikan yang ditemukan Rennie kerap mengandung cacing pita yakni berbagai varian tuna, varian salmon, trout, dan dan cod.

Ikan-ikan yang dijual di supermarket umumnya sudah terlebih dulu dibersihkan dari cacing pita. “Mereka meletakkan irisan daging pada sebuah kaca dan meneranginya dengan sinar yang sangat kuat, kemudian menyingkirkan setiap cacing dengan jepitan,” jelas Rennie.

Meski demikian, Anda jangan merasa cemas dulu lantaran jenis parasit ini mudah disingkirkan jika ikan dimasak dengan benar. Jika Anda tetap bersikukuh menyantap hidangan mentah, Rennie menyarankan agar Anda bertandang ke restoran yang mempekerjakan orang yang ahli dalam menyajikan hidangan mentah yang higienis.

“Jadi jangan coba-coba menyajikan sendiri hidangan mentah di rumah,” pungkas Rennie. [gl/abcn/www.hidayatullah.com]

Foto: AbcNews

Keterangan: Ikan Salmon dan cacing pita (insert)

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment





CARA DAPAT DUIT DARI BLOG KAMU,

MAU ???

ayo gabung di www.kumpulblogger.com, disitu kita bakalan dapet duit tambahan ya itung-itung buat tambah uang saku dan bayar internet caranya gampang dan nggak ribet. Cukup daftar dan ikuti petunjuknya

apa sih kumpulblogger itu ?

Adalah Jaringan Blogger Indonesia untuk mendapatkan alternatif penghasilan tambahan, dengan cara menyediakan spot/ruangan pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser.

Untuk Siapa KumpulBlogger.com?


Target Market KumpulBlogger.com adalah Blogger Indonesia dan Advertiser Lokal, dimana Blogger menyediakan Media dan Advertiser Memasok Pesan Komersial didalam Blog-blog yang terhubung pada jaringan KumpulBlogger.com

Cara Kerja KumpulBlogger.com ?


Blogger mendaftarkan blognya, copy dan paste code yang diberikan, Pasang Code tersebut pada Blog masing-masing Blogger. Advertiser mendaftarkan keanggotaan pada KumpulBlogger.com, melakukan kegiatan publishing, materi artikel/iklan/promotional yang disubmit oleh advertiser akan disebarkan kepada seluruh Blog yang terjaring dalam KumpulBlogger.com.

cara daftar kumpulblogger.com


pertama masuk ke www.kumpulblogger.com, kemudian kamu daftar disitu, gampang nggak susah cuma disuruh ngisi alamat e-mail kita aja (tunggu beberapa menit). buka e-mail kamu karena password dikirim ke e-mail kamu, setelah itu masuk kembali ke www.kumpulblogger.com lagi dan log in deh dengan password yang dikirim ke e-mail kamu tadi.

nah setelah itu klik "tambah blog" nanti isi dengan benar kolom-kolom yang tersedia seperti "nama blog, keterangan tentang blog, alamat URL blog, category, tag URL" yang pasti yang harus kamu isi adalah alamat URL blog, disitu kamu harus isi alamat blogmu dengan benar jika salah bisa-bisa kamu ngedaftarin blog orang lain hehehe.... jika sudah beres tinggal klik submit aja...

untuk mendapatkan uang dari blogmu kamu harus pasang iklan di blogmu, kita dapat duit dari para pengunjung yang ngeKLIK iklan kita untuk ngedapatin script iklan, kamu tinggal klik "Script Text Advertising untuk Blog anda" yang tersedia disitu.

jika sudah, kamu tinggal COPY aja tuh script kemudian kamu PASTE di blog kamu beres khan tinggal kamu promosikan aja blog kamu di web pemasangan iklan gratis dan tunggu uang yang bakalan mengalir kerekening bank kau, jika mau gabungin blog kamu di kumpulblogger klik aja disini !!

ok good luck !!!



:: ISI BLOG : KLIK SEGITIGA ::




All the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. We don't hold any copyright about these pictures and news. These pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. If any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.

 

news forum network sharing movies music translator kamus online peta online Kotak Pesan