End: KlikSaya.com -->

kotak
pencarian

Minamata Disaster



www.unik77.tk
all about unik 77 : percaya atau tidak, kalau bisa sih unik setuju ?



sumber :http://achtungpanzer.blogspot.com/2009/04/minamata-disaster.html



Bencana menakutkan buatan manusia selain perang mungkin adalah pencemaran, terkadang efeknya langsung di rasakan saat itu juga dan pada beberapa kasus kerusakan nya bisa turun menurun secara genetis. Baru saja kita memperingati hari bumi, dan saya sengaja mengangkat tulisan mengenai pencemaran limbah mercury di minamata Jepang atau yang lebih sering disebut Minamata Mercury disaster (1950). Bencana pencemaran ini merupakan yang terburuk yang pernah terjadi di Jepang, Minamata merupakan sebuah kota kecil di Kyushu Jepang.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMuSQngRfFjwlY9l8cszI44IHDK1O3DxVWibEeIp8makmO12bp6XY9P-EgXhE3L2p9UZsnaSH8iaij-RopNnizkiS2sqLGhmxFwVaEfTjzGzPwLmtuCUBkcF98yJe6UXKlYkVaYD3tHd4/s400/Minamata+-+Methylmercure.jpg


Penduduk yang mengalami nya memiliki penyakit aneh, tangan dan kaki mati rasa, kekuatan otot melemah, gangguan pada mata, gagap, gangguan pendengaran, lumpuh hingga pada level tertentu menyebabkan kematian. Dari beberapa video dokumen yang pernah saya lihat, terlihat banyak korban berperilaku aneh, seperti gagap dan kejang kejang begitu pula seekor kucing yang jalan terseok seok saat berjalan. Limbah mercury yang di hasilkan oleh Chisso Corps telah menkontaminasi air laut sehingga membuat hasil tangkapan ikan menjadi terkontaminasi Mercury dan kemudian meracuni penduduk. 50 tahun sudah kejadian tersebut berlalu, namun sampai saat ini kejadian tersebut masih belum terpecahkan ujar walikota kota Minamoto. Jumlah korban belum bisa di pastikan karena akan terus bertambah karena bersifat turun menurun, namun sekitar 1.573 – 2.265 orang meninggal yang kesemuanya menderita keracunan Mercury, lebih lanjut masih banyak penduduk yang melaporkan kemungkinan terkena wabah ini dan jumlahnya tidak main main 21.021 orang! Dan mereka mengaku memiliki gejala gejala penyakit yang terlihat pada lengan, kaki dan sulit berkomunikasi. Pihak Chisso Corp sendiri selalu menolak untuk bertanggung jawab meskipun telah di tetapkan sebagai tersangka dan terus menyebarkan Mercury ke laut sepanjang 1956 – 1968, tentu saja perbuatan tersebut patut di kutuk karena telah menyengsarakan penduduk lokal hingga turun temurun dari generasi ke generasi.





Apa itu Mercury sehingga begitu berbahaya? Pada dasarnya mercury merupakan air raksa (Hg) yang merupakan unsur kimia berbentuk logam yang penting bagi teknologi di jaman modern ini dan memiliki nomer atom NA=80 serta mempunyai massa molekul relatif (MR=200,59).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0Y6bD71MsCU-d9xNU974TCvBgXEsACEmdj_RCFBkdpQVPosddYbKaGnnhJNpz5LmJ62xnPdLnLaGXZtCpGGrK2W_1RGykUda-p6ipk8L_cbKDeVEATC9mBmRLJc9Gc9IHDdGtOYDtu1k/s400/minamata1.jpg


Keracunan mercury bisa mempengaruhi kerusakan saraf pusat organ dan gelaja gejala yang timbul adalah: • Gangguan saraf sensoris: Paraesthesia, kepekaan menurun dan sulit menggerakkan jari tangan dan kaki, penglihatan menyempit, daya pendengaran menurun, serta rasa nyeri pada lengan dan paha. • Gangguan saraf motorik: lemah, sulit berdiri, mudah jatuh, ataksia, tremor, gerakan lambat, dan sulit berbicara. • Gangguan lain: gangguan mental, sakit kepala. Tremor pada otot merupakan gejala awal dari toksisitas merkuri tersebut. Kini, masyarakat Minamata jepang sangat menghargai apa yang terjadi di waktu silam dan mengambil pelajaran dari kasus limbah Mercury tersebut. Mereka lebih peduli akan lingkungan dan berjibaku bersama menjaga lingkungan sekitar seperti menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah kota dengan menejemen yang baik yaitu pemilahan sampah dan memanfaatkan nya lebih lanjut seperti pengomposan. Kegiatan tersebut bahkan mendapat penghargaan “Environmental Master “. Kapan kita bangsa Indonesia meniru dan bisa belajar dari masa lalu?

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment





CARA DAPAT DUIT DARI BLOG KAMU,

MAU ???

ayo gabung di www.kumpulblogger.com, disitu kita bakalan dapet duit tambahan ya itung-itung buat tambah uang saku dan bayar internet caranya gampang dan nggak ribet. Cukup daftar dan ikuti petunjuknya

apa sih kumpulblogger itu ?

Adalah Jaringan Blogger Indonesia untuk mendapatkan alternatif penghasilan tambahan, dengan cara menyediakan spot/ruangan pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser.

Untuk Siapa KumpulBlogger.com?


Target Market KumpulBlogger.com adalah Blogger Indonesia dan Advertiser Lokal, dimana Blogger menyediakan Media dan Advertiser Memasok Pesan Komersial didalam Blog-blog yang terhubung pada jaringan KumpulBlogger.com

Cara Kerja KumpulBlogger.com ?


Blogger mendaftarkan blognya, copy dan paste code yang diberikan, Pasang Code tersebut pada Blog masing-masing Blogger. Advertiser mendaftarkan keanggotaan pada KumpulBlogger.com, melakukan kegiatan publishing, materi artikel/iklan/promotional yang disubmit oleh advertiser akan disebarkan kepada seluruh Blog yang terjaring dalam KumpulBlogger.com.

cara daftar kumpulblogger.com


pertama masuk ke www.kumpulblogger.com, kemudian kamu daftar disitu, gampang nggak susah cuma disuruh ngisi alamat e-mail kita aja (tunggu beberapa menit). buka e-mail kamu karena password dikirim ke e-mail kamu, setelah itu masuk kembali ke www.kumpulblogger.com lagi dan log in deh dengan password yang dikirim ke e-mail kamu tadi.

nah setelah itu klik "tambah blog" nanti isi dengan benar kolom-kolom yang tersedia seperti "nama blog, keterangan tentang blog, alamat URL blog, category, tag URL" yang pasti yang harus kamu isi adalah alamat URL blog, disitu kamu harus isi alamat blogmu dengan benar jika salah bisa-bisa kamu ngedaftarin blog orang lain hehehe.... jika sudah beres tinggal klik submit aja...

untuk mendapatkan uang dari blogmu kamu harus pasang iklan di blogmu, kita dapat duit dari para pengunjung yang ngeKLIK iklan kita untuk ngedapatin script iklan, kamu tinggal klik "Script Text Advertising untuk Blog anda" yang tersedia disitu.

jika sudah, kamu tinggal COPY aja tuh script kemudian kamu PASTE di blog kamu beres khan tinggal kamu promosikan aja blog kamu di web pemasangan iklan gratis dan tunggu uang yang bakalan mengalir kerekening bank kau, jika mau gabungin blog kamu di kumpulblogger klik aja disini !!

ok good luck !!!



:: ISI BLOG : KLIK SEGITIGA ::




All the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. We don't hold any copyright about these pictures and news. These pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. If any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.

 

news forum network sharing movies music translator kamus online peta online Kotak Pesan