End: KlikSaya.com -->

kotak
pencarian

Ekranoplan, Pesawat Ground Effect Asal Rusia



www.unik77.tk
all about unik 77 : percaya atau tidak, kalau bisa sih unik setuju ?



sumber :http://aneh-tapi-nyata.blogspot.com/2009/02/ekranoplans-pesawat-ground-effect.html | http://aneh-tapi-nyata.blogspot.com/2009/06/ekranoplan-pesawat-ground-effect-asal.html


Ekranoplans adalah hasil perkawinan silang antara pesawat terbang dan hovercraft dan dibuat selama era perang dingin Soviet versus USA. Jenis pesawat ini mampu melayang dan meluncur di atas permukaan air hingga kecepatan 250 mil per jam. Mampu membawa kargo lebih banyak dan lebih berat dari pesawat kargo biasa. Ekranoplans, atau kendaraan "Wing-in-Ground" (WIG) mungkin adalah satu teknologi yang paling menarik dan paling bersosok aneh yang pernah didesain manusia.

Kebanyakan dari jenis pesawat ini dibuat oleh Soviet selama era Perang Dingin oleh rumah desain milik Rostislav Alexeev. Beberapa diantaranya memiliki panjang lebih dari 500 feet dan berat diperkirakan mencapai lebih dari 500 ton. Pesawat-pesawat ini melayang di atas gelombang dengan anggun, dengan kecepatan tinggi, tahan terhadap badai, dan tidak terlihat di radar - semuanya karena menggunakan prinsip aerodinamika yang dkenal sebagai "ground effect"
Semua pilot kenal dengan prinsip "ground effect" ini: saat sebuah pesawat akan menyentuh landasan untuk mendarat, biasanya tercipta efek yang mendorong pesawat untuk melayang ke udara lagi. Tekanan udara antara sayap dan tanah bisa menjadi "alas" yang membuat pesawat menjadi meluncur halus. Di atas permukaan air efek ini lebih bahkan lebih terasa.

1. KM - Russian "Caspian Sea Monster" Ekranoplan

Pernah jadi kendaraan ground-effect yang terbesar yang pernah didesain (dengan panjang 100 meter, berat 544 ton, ditenagai 10 mesin turbojet Dobryin VD-7). Pesawat ini masih memegang rekor untuk mengangkat barang ke udara terberat (bahkan lebih berat dari apa yang bisa dibawa pesawat kargo moderen Antonov An 225 "Mriya"). Sejak lama ada misteri yang menyelubunginya, diuji coba di Laut Kaspia tahun 1966 dan berhasil dimata-matai oleh satelit Amerika.
Meski hanya satu KM (istilah Rusia untuk pesawat prototipe) yang diproduksi, ada beberapa variasi yang berbeda panjang dan tingginya. Semuanya mempunyai sosok yang aneh, didesain untuk memanfaatkan ground-effect untuk mengarungi samudera pada kecepatan tinggi dan tidak terdeteksi radar. Menurut sumber militer, pemerintah Soviet berencana membuat 100 monster ini pada penghujung era Perang Dingin, lalu jumlahnya berkurang menjadi 24.






Setelah jatuh karena sebuah kecelakaan (gara-gara penglihatan terganggu oleh kabut), KM tenggelam di perairan dangkal sedalam 20 meter, dan karena tubuhnya yang bongsor menjadikannya sulit untuk diperbaiki. Ekornya yang tinggi nongol di permukaan air seperti tanda salib di kuburan.

Model pengganti berikutnya adalah "Orlenok" - Ekranoplan berukuran medium untuk tugas transportasi militer.

SM-8, versi yang lebih kecil dari KM

2. A-90 "Orlyonok" ("Eaglet")





Beratnya 140 ton, dengan panjang 58 meter, terbang perdana di tahun 1972. A-90 ditenagai sepasang mesin turbojet dan sebuah mesin turboprop yang sanggup mendorongnya hingga kecepatan 400 km/jam sejauh 1500 km dengan ketinggian jelajah 5-10 meter.
Mampu juga dikebut di atas tanah jika dibutuhkan dan menjadi pertunjukan yang spektakuler.





Mampu mengangkut 150 pasukan dan 2 tank (lihat foto di bawah ini):




Militer Soviet merencanakan membuat 20 pesawat ini untuk menciptakan divisi baru di Laut Baltik. Pesawat-pesawat ini dikirim ke militer pada tahun 1979, dan tiga A-90 di antaranya dilaporkan masih beroperasi pada tahun 1993. Jatuhnya dua pesawat ini menyebabkan tidak seluruh pesawat dibuat. Salah satu peristiwa jatuhnya pesawat ini sangat spektakuler ketika pesawat ini kehilangan seluruh bagian ekornya setelah menerjang ombak, tapi terbukti kehandalannya dengan terus melayang seperti glider meluncur ke laut. Prestasi ini ternyata belum membuat para jenderal Soviet batal untuk menghentikan programnya.

Sejak runtuhnya Uni Soviet, produksi Orlyonoks menjadi dikomersialisasikan. Saat ini diberi nama Volga Shipyard yang dibuat untuk kepentingan komersial maupun wahana SAR. Orlyonok dapat dipesan baik sebagai pesawat kargo berkapasitas 50 ton dengan jarak jelajah 1500 km atau pesawat penumpang dengan kapasitas 30 penumpang dan jarak jelajah 3000 km. (source)

3. VVA-14M : Desain Lanjutan yang Aneh

Ekranoplan "VVA-14M" sesungguhnya adalah penjelmaan dari pesawat udara bertampang aneh "VVA-14". Di bawah ini adalah tampang aslinya sebelum dipermak:



Dan ini setelah disulap menjadi pengarung samudera:



4. "Lun (Spasatel)" (1987) - Lebih besar dari KM "Sea Monster" dan lebih berbahaya!

Dengan berat 280 ton, panjang 74 meter, M-160 Lun adalah Ekranoplan lainnya yang dikembangkan oleh Alexeev. Satu berhasil dibuat tahun 1987, yang memulai tugas perdananya tahun 1989.





Ukurannya lebih besar dari Boeing 747. Lihat perbandingannya di bawah ini:





Lebih jauh, pesawat ini dipersenjatai dengan roket supersonik ZM-80 "Moskit" (SS-N-22 Sunburn) yang sanggup menenggelamkan kapal musuh. Mesin ini sempat menjadi ancaman bagi NATO jika Uni Soviet tidak runtuh. Kekurangan dana dan alasan-alasan lainnya membuat proyek ini tenggelam, meski beberapa di antaranya berhasil beroperasi dan disulap menjadi wahana penyelamatan laut.



Yang ini "Spasatel" versi sipil:


Dan ini adalah konsep menarik yang hampir masuk jalur produksi:


Semuanya dapat Anda saksikan di video panjang di bawah ini (10 menit):

Di video ini juga dipertunjukkan kondisi menyedihkan dari raksasa "Lun" yang teronggok di markas AL Kaspiysk. Tapi siapa tahu jika dimasukkan dalam lelang Ebay ada yang mau merawatnya kembali dan menjadikannya beroperasi lagi.

Inilah desain terakhir karya Rostislav Alexeev: "Rocket-2" - sebuah wahana penjelajah sungai:



AMERICAN WINGSHIPS

Steven Hooker, seorang insinyur penerbangan, pertama kali meneliti The Caspian Monster tahun 1967 dan setelahnya mendirikan perusahaan "Aerocon" dengan mimpinya untuk membuat "Wingship" yang sepuluh kali lebih besar dan jarak jelajah antar samudera. Di bawah ini adalah proposal konsep Aerocon Wingship di tahun 1984:

(Ukurannya dua belas kali ukuran Boeing 747!)

"Atlantis - 1":



Masih menjadi pertanyaan apakah wahana ini akan diproduksi atau tidak; tapi saat ini US NAVY mempertimbangkan prototipe lain:

Boeing Ultra Pelican - Jawaban Amerika atas the "Caspian Sea Monster"



Lihatlah ukuran konsep wahana terbang raksasa ini. Mampu mengangkut hingga 1400 ton (cukup untuk 17 tank plus beberapa ratus tentara) dengan jarak jelajah hingga 16.000 km. Mesin spektakuler ini panjangnya 152 meter dan punya bentangan sayap sepanjang 106 meter. Pesawat ini 10 kali lebih cepat dari kapal kontainer moderen.





Wahana ini mampu melakukan perjalanan pada ketinggian 20 kaki diatas permukaan air untuk mode operasional paling ekonomisnya, selain itu mampu juga terbang ke angkasa hingga ketinggian 20.00 kaki.



Jika pengembangan pesawat ini tidak ada halangan, maka mimpi militer untuk menyiapkan satu divisi pasukan dalam 5 hari dimanapun di dunia akan terealisasi. Potensi "Wingship" untuk mobilisasi yang strategis hampir tidak bisa dibantah. Lebih jauh, efisiensi operasionalnya (konsumsi bahan bakar) 44% lebih baik dari pesawat terbang kargo moderen.
Wingship adalah teknologi yang bisa menjadi kenyataan, dan bahkan jika prototipe yang lebih kecil berhasil dibuat dan sukses, ini akan merupakan era baru dalam sistem transportasi (apalagi jika bekerjasama dengan pihak Rusia - sang pionir). Untuk saat ini, kita hanya akan melihat pesawat udara dan kapal-kapal pesiar dengan ukuran yang bertambah besar dibuat tapi dengan operasional yang mahal dan tidak efisien.




Ini dalah gambar-gambar seperti apa Ekranoplans jika dipersenjatai lengkap:




Di bawah ini memperlihatkan perbandingan seluruh model Ekranoplans:



Yang ini adalah gambaran futuristik bagaimana sosok Ekranoplans di masa depan sebagai wahana raksasa berpenumpang:




Ekranoplan "Orlyonok"- Dari Dalam

Sekelompok orang dari Avia Gorizont mencoba mengeksplorasi dalamnya salah satu jenis ekranoplan utama yang dibuat untuk keperluan kargo militer yang menurut beberapa kesaksian hingga saat ini masih digunakan oleh kementrian Ministry of Emergency Situations of Russia.


Ekranoplan "Orlyonok" (kiri) dan pesawat konsep "Astrakhan" (kanan), gambar via source.

Ini adalah pemandangan di dalam pesawat dengan ruang kargo yang besar dan interior tipikal militer Soviet:








Mesin Ajaib Beriev: Konsep Ekranoplan Kelas Berat

Be-2500 adalah konsep ekranoplan berat yang desainnya sangat menakjubkan - seperti penempatan permukaan-permukaan sayap dan mesin-mesin yang acak, keliatan aneh seperti model lainnya yang dikeluarkan oleh Biro Desain Beriev.




Nomor model "2500" merujuk pada berat wahana terbang ini yang mencapai 2500 ton! Diperkuat oleh enam mesin dan mampu menyeberangi samudera Atlantik atau Pasifik dengan sebuah kecepatan "wing-in-ground" hingga 450 km/jam.




gambar-gambar via source.

Yang satu ini juga aneh, model Bartini Beriev, VVA-14, yang dapat ditemukan di lapangan terbang Rusia di Monino meski keadannya sangat memprihatinkan, tapi cukup indah sebagai objek stok fotografi dan bagi pecinta sejarah penerbangan.





Anda bisa menemukan gambar-gambar lainnya di sini.
VVA-14 menggunakan efek "Wing-in-Ground (WIG)" saat take-off, jadi bukan merupakan ekranoplan sejati melainkan "ekrano-plane". Pesawat ini diproduksi untuk Militer Soviet dan disebut-sebut ditargetkan untuk menghancurkan kapal selam bermisil Amerika Serikat, US Navy Polaris (info).

Ekranoplan + Pesawat Luar Angkasa

Konsep ini dibuat dengan harapan bahwa nantinya lautan akan digunakan sebagai lokasi lepas landas pesawat luar angkasa. Proyek "Sea-Launch" ini mempunyai fasilitas lepas landas vertikal, sementara untuk lepas landas dan landing horisontal, insinyur-insinyur Rusia mengusulkan menggnakan suatu armada ekranoplan berat:




Yang ini juga merupakan konsep hebat sistem lepas landas:



Kreasi-kreasi "Wing-in-Ground" Bersayap

Beberapa variasi efek "wing-in-ground" kadang-kadang menghasilkan sesuatu yang aneh dan bikin penasaran. Perhatikan "Water-WIng" ini:


Variasi streamlined lainnya, Seagull Boat, 1933:


Ekranoplan yang kompak dan praktis: LippischX-114 buatan Jerman tahun 1977:





Mungkin konsep-konsep dari ekranoplans saat ini sudah tidak dikembangkan lagi, tapi sejarah pernah mencatat pesawat jenis ini pernah ada dan sebenarnya mempunyai potensi besar sebagai alat angkut berkapasitas besar di masa depan.



Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment





CARA DAPAT DUIT DARI BLOG KAMU,

MAU ???

ayo gabung di www.kumpulblogger.com, disitu kita bakalan dapet duit tambahan ya itung-itung buat tambah uang saku dan bayar internet caranya gampang dan nggak ribet. Cukup daftar dan ikuti petunjuknya

apa sih kumpulblogger itu ?

Adalah Jaringan Blogger Indonesia untuk mendapatkan alternatif penghasilan tambahan, dengan cara menyediakan spot/ruangan pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser.

Untuk Siapa KumpulBlogger.com?


Target Market KumpulBlogger.com adalah Blogger Indonesia dan Advertiser Lokal, dimana Blogger menyediakan Media dan Advertiser Memasok Pesan Komersial didalam Blog-blog yang terhubung pada jaringan KumpulBlogger.com

Cara Kerja KumpulBlogger.com ?


Blogger mendaftarkan blognya, copy dan paste code yang diberikan, Pasang Code tersebut pada Blog masing-masing Blogger. Advertiser mendaftarkan keanggotaan pada KumpulBlogger.com, melakukan kegiatan publishing, materi artikel/iklan/promotional yang disubmit oleh advertiser akan disebarkan kepada seluruh Blog yang terjaring dalam KumpulBlogger.com.

cara daftar kumpulblogger.com


pertama masuk ke www.kumpulblogger.com, kemudian kamu daftar disitu, gampang nggak susah cuma disuruh ngisi alamat e-mail kita aja (tunggu beberapa menit). buka e-mail kamu karena password dikirim ke e-mail kamu, setelah itu masuk kembali ke www.kumpulblogger.com lagi dan log in deh dengan password yang dikirim ke e-mail kamu tadi.

nah setelah itu klik "tambah blog" nanti isi dengan benar kolom-kolom yang tersedia seperti "nama blog, keterangan tentang blog, alamat URL blog, category, tag URL" yang pasti yang harus kamu isi adalah alamat URL blog, disitu kamu harus isi alamat blogmu dengan benar jika salah bisa-bisa kamu ngedaftarin blog orang lain hehehe.... jika sudah beres tinggal klik submit aja...

untuk mendapatkan uang dari blogmu kamu harus pasang iklan di blogmu, kita dapat duit dari para pengunjung yang ngeKLIK iklan kita untuk ngedapatin script iklan, kamu tinggal klik "Script Text Advertising untuk Blog anda" yang tersedia disitu.

jika sudah, kamu tinggal COPY aja tuh script kemudian kamu PASTE di blog kamu beres khan tinggal kamu promosikan aja blog kamu di web pemasangan iklan gratis dan tunggu uang yang bakalan mengalir kerekening bank kau, jika mau gabungin blog kamu di kumpulblogger klik aja disini !!

ok good luck !!!



:: ISI BLOG : KLIK SEGITIGA ::




All the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. We don't hold any copyright about these pictures and news. These pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. If any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.

 

news forum network sharing movies music translator kamus online peta online Kotak Pesan