End: KlikSaya.com -->

kotak
pencarian

Kesamaan “Kata” dalam Berbagai Bahasa



www.unik77.tk
all about unik 77 : percaya atau tidak, kalau bisa sih unik setuju ?



sumber : http://kalipaksi.wordpress.com/2009/04/02/kesamaan-kata-dalam-berbagai-bahasa/


Entah, mengapa hari ini sedang malas menulis tentang hal-hal yang berbau pemilu, dialektika lintasagama, atau konstruksi dan infrastruktur. Yo wes, corat-coret saja tentang bahasa. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang membaca tulisan ini.


Begini, manusia itu kan tercipta dengan berbagai ras. Juga dengan berbagai bahasa ibu yang berbeda, tho. Namun, jika mau kita telusuri sepertinya keberbedaan itu masih meninggalkan jejak-jejak kesamaan. Salah satunya, kesamaan dalam elemen-elemen bahasa. Hal itu sepertinya memberi sinyal kepada manusia yang hidup pada zaman yang berbeda bahwa pada masa-masa awal peradaban manusia modern telah terjadi sebuah hubungan yang sangat dekat antarbangsa yang berbeda.


Kesamaan itu terutama berakar dari sejarah dan latar belakang keagamaan samawi. Bukan rahasia umum bahwa bahasa Arab memiliki kedekatan dengan bahasa Ibrani. Dalam perjalanannya, bahasa Ibrani berkelana ke seluruh dunia dan diadopsi ke dalam berbagai bahasa dunia baik itu ke dalam bahasa Spanyol, Portugal maupun bahasa Inggris melalui jalur misionaris.


Demikian pula dengan kata-kata dalam bahasa Arab, yang kemudian terserap ke menjadi bahasa lokal banyak bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Berikut ini beberapa kata dalam berbagai bahasa yang memiliki kedekatan/kesamaan. Kepada ahli bahasa, mohon diluruskan jika ada yang salah letak atau salah persepsi. Seperti apa berbaga contoh dalam kesamaan itu?


Salah satu contoh analisis dari kesamaan itu misalnya dalam kata Ahmad (dalam bahasa Arab):


Himdath = Himdahi = Himda = bahasa Yahudi

Himada = bahasa Ibrani

Ahmad = bahasa Arab


Semua kata tersebut mempunyai kesamaan arti yaitu terpuji dan mempunyai kesamaan akar kata yaitu H-M-D, lihatlah bila kita hilangkan vokal dan kita biarkan konsonannya, maka akan menjadi :


H-M-D = dalam bahasa Yahudi

H-M-D = dalam bahasa Ibrani

H-M-D = dalam bahasa Arab


Kata lain, misalnya:


Salam (bahasa Arab) = Salom (bahasa Yahudi), yang sama-sama bermakna damai, dan di ambil dari akar kata “S, L, dan M”


Selain kesamaan dari sudut pandang akar kata, kesamaan juga lahir karena kedekatan bunyi dalam penyebutan vokal dan konsonan,


Jibril – Gabriel


Mikail – Michael


Shalat (bahasa Arab) – Salute (bahasa Inggris) = penghormatan, pemujaan


Ardi – Earth = Bumi


Firdaus – Paradise = Surga


Ibrahim – Abraham


Infiru/nufur (bahasa Arab) – Manuver


Kesamaan juga banyak ditemukan dalam bahasa lokal.


Kata meja, misalnya serupa dengan kata “mesa” dalam bahasa Tagalog yang merupakan serapan dari bhs spanyol ‘mesa’. Juga kata kerupuk yang senada dengan “kropek” (dalam bahasa Tagalog).


Kemudian, keju dan ‘queso‘ (sp) atau portugis ‘quejo’ yang mirip-mirip dengan bahasa Inggris ‘cheese’

Bahasa Filipino termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia, sama seperti bahasa Indonesia yang berakar dari bahasa Melayu.


Ada banyak kata yang mirip. Contohnya, abokado (alpukat), akasya (akasia), alak (arak), apat (empat), anim (enam), baboy (babi), balimbing (belimbing), bayawak (biawak), balita (berita), bihon (mi), buwaya (buaya), dalya (bunga dahlia), dingding (dinding), hikayatin (hikayat), ikaw (kau), itom/itim (hitam), dan kape (kopi).


Selain itu, lumpiya (lumpia), masakit (sakit), mukha (muka, wajah), mura (murah), manggang (mangga), manipis (tipis), pilm (film), pinto (pintu), puti (putih), sabong (sabung), salamat (selamat), sampal (tampar), sapatos (sepatu), sumpa (sumpah), sulat (surat), tumpok (tumpuk), ulan (hujan), dan uminom/inumin (minum).


Ada pula kata yang sama persis artinya dalam bahasa Indonesia, seperti anak, asap, asin, bawang, itik, kambing, kamera, lila, lima, mahal, mata, uban, dan ubi.



Selain itu, ada kata-kata yang mirip dengan bahasa daerah di Indonesia, seperti aso (asu = anjing), manok (manuk = burung, ayam), ilong (irung = hidung), pito (pitu = tujuh), walo (wolu = delapan).



Kata-kata yang diambil dari bahasa Eropa seperti Inggris, Spanyol, dan Portugis antara lain bioleta (violet), elepante (gajah), orends (oranye), komentaryo (komentar), limon (lemon), kendi (permen), mais (jagung), palasyo (istana), prutas (buah), pulis (polisi), queeso (keju), sopas (sup), tres (tiga), uno (satu).



Ayo, siapa di antara teman-teman yang mau menambah perbendaharaan kata-kata yang memiliki kesamaan. Monggo dipersilakan.


Artikel Terkait



1 comment:

Anonymous said...

kalau saya diberi berkat hidup panjang samapi bisa melihat keturunan (cucu) yg ke sejuta-juta, maka saya punya pertanyaan: apakah mereka akan berbeda-beda bahasanya sehingga cucu sy yg ke sejuta-juta tidak akan bisa berbicara dengan saya karena berbeda bahasa? (dengan syarat kesemua anak/cucu sy hanya kawin dengan yg sedaerah/sebangsa (mis:sejawa-barat saja tdk ada yg dengan bule), pertanyaan selanjutnya dari mana berbagai bahasa itu muncul? dan kenapa diadakan?
analogikan dengan adam dan hawa (kalau mereka masih hidup karena tdk makan buah kuldi)

Post a Comment





CARA DAPAT DUIT DARI BLOG KAMU,

MAU ???

ayo gabung di www.kumpulblogger.com, disitu kita bakalan dapet duit tambahan ya itung-itung buat tambah uang saku dan bayar internet caranya gampang dan nggak ribet. Cukup daftar dan ikuti petunjuknya

apa sih kumpulblogger itu ?

Adalah Jaringan Blogger Indonesia untuk mendapatkan alternatif penghasilan tambahan, dengan cara menyediakan spot/ruangan pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser.

Untuk Siapa KumpulBlogger.com?


Target Market KumpulBlogger.com adalah Blogger Indonesia dan Advertiser Lokal, dimana Blogger menyediakan Media dan Advertiser Memasok Pesan Komersial didalam Blog-blog yang terhubung pada jaringan KumpulBlogger.com

Cara Kerja KumpulBlogger.com ?


Blogger mendaftarkan blognya, copy dan paste code yang diberikan, Pasang Code tersebut pada Blog masing-masing Blogger. Advertiser mendaftarkan keanggotaan pada KumpulBlogger.com, melakukan kegiatan publishing, materi artikel/iklan/promotional yang disubmit oleh advertiser akan disebarkan kepada seluruh Blog yang terjaring dalam KumpulBlogger.com.

cara daftar kumpulblogger.com


pertama masuk ke www.kumpulblogger.com, kemudian kamu daftar disitu, gampang nggak susah cuma disuruh ngisi alamat e-mail kita aja (tunggu beberapa menit). buka e-mail kamu karena password dikirim ke e-mail kamu, setelah itu masuk kembali ke www.kumpulblogger.com lagi dan log in deh dengan password yang dikirim ke e-mail kamu tadi.

nah setelah itu klik "tambah blog" nanti isi dengan benar kolom-kolom yang tersedia seperti "nama blog, keterangan tentang blog, alamat URL blog, category, tag URL" yang pasti yang harus kamu isi adalah alamat URL blog, disitu kamu harus isi alamat blogmu dengan benar jika salah bisa-bisa kamu ngedaftarin blog orang lain hehehe.... jika sudah beres tinggal klik submit aja...

untuk mendapatkan uang dari blogmu kamu harus pasang iklan di blogmu, kita dapat duit dari para pengunjung yang ngeKLIK iklan kita untuk ngedapatin script iklan, kamu tinggal klik "Script Text Advertising untuk Blog anda" yang tersedia disitu.

jika sudah, kamu tinggal COPY aja tuh script kemudian kamu PASTE di blog kamu beres khan tinggal kamu promosikan aja blog kamu di web pemasangan iklan gratis dan tunggu uang yang bakalan mengalir kerekening bank kau, jika mau gabungin blog kamu di kumpulblogger klik aja disini !!

ok good luck !!!



:: ISI BLOG : KLIK SEGITIGA ::




All the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. We don't hold any copyright about these pictures and news. These pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. If any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.

 

news forum network sharing movies music translator kamus online peta online Kotak Pesan