End: KlikSaya.com -->

kotak
pencarian

UNIK : melon kotak dari Mekarsari Indonesia



www.unik77.tk
all about unik 77 : percaya atau tidak, kalau bisa sih unik setuju ?



sumber : http://yusaksunaryanto.wordpress.com/2009/03/30/unik-melon-kotak-dari-mekarsari-indonesia/






Sebuah terobosan baru diciptakan oleh Taman Wisata Mekarsari. Yakni menciptakan buah melon yang berbentuk kotak tanpa merubah rasa. Melon Kotak, begitu buah ini dinamakan olah penciptanya, tim Pemuliaan Taman Wisata Mekarsari yang dipimpin oleh Ir. AF. Margianasari.


Melon Kotak selintas jika dilihat menyerupai tiruan dari bahan lilin perupa, dengan bentuk kubus yang tak lazim seperti buah tropis yang sudah dikenal, tapi melihat daunnya yang hijau dan berbulu halus menandakan bahwa ini adalah buah sungguhan.


Sejak dipajang pada 26 Maret 2009, melon kotak produksi Mekarsari menjadi salah satu obyek wisata yang di favoritkan pengunjung. Banyak diantara pengunjung yang menyempatkan diri datang ke Mekarsari untuk melihat langsung dan mengabadikannya.



Melon Kotak ini sejatinya adalah Melon hybrid (Cucumis melo) dari jenis Lightgreen Mekarsari yang merupakan hasil persilangan dan pemuliaan oleh tim peneliti Mekarsari. Daging buahnya berwarna kuning oranye dengan aroma manis yang khas. Penampilan fisiknya berbentuk kubus dengan tinggi buahnyasaat ini kurang lebih 12 centimeter, lebar 9 centimeter dan panjang 10 sentimeter dan diperkirakan akan terus membesar mengikuti pertambahan usianya. Saat ini Melon Kotak telah berusia 65 hari dari usia panen sekitar 75 hingga 80 hari. Melon Kotak diperkirakan memiliki tingkat kemanisan mencapai 12,5° brix dan perkiraan berat 1.200 gram.


“ Di Mekarsari baru tersedia beberapa pohon, yang nantinya akan diperbanyak sampai dengan masa panen tiba. Tingkat kesulitan pembuatan buah ini sangat tinggi, dan sering mengalami kegagalan, dan baru berhasil sejak Desember 2008.” kata Catherina Day Kepala Humas Mekarsari saat di hubungi Kabari.


Prinsip pembuatan Melon Kotak ini adalah membentuk buah Melon menggunakan cetakan berbentuk kotak dari bahan kaca atau plastik akrilik.


Pengerjaannya cukup sulit karena membutuhkan ketelitian serta perhatian tinggi agar berhasilan. Biasanya cetakan mulai dikenakan pada buah saat usia 40 – 45 hari. Dibandingkan melon biasa, biaya produksi Melon Kotak menjadi lebih mahal karena ada biaya tambahan untuk pembuatan kotak cetakan yang tidak jarang pecah akibat desakan dari pertumbuhan buah.



Selain itu diperlukan juga tenaga kerja khusus yang mengontrol bentuk serta resiko kegagalan panen buah.


”Sebenarnya, ide seperti ini pernah dilakukan di Jepang dengan menggunakan buah semangka, namun bedanya adalah buah hasil rekayasa di Jepang rasanya tidak enak untuk dikonsumsi. Sedangkan Melon Kotak ini rasanya manis, harum dan enak dikonsumsi” Paparnya


Tujuan diciptakannya Melon Kotak ini adalah sebagai variasi dari
melon-melon yang sudah ada di Mekarsari maupun di pasaran. Karena bentuknya unik, diyakini Melon Kotak memiliki nilai lebih dibandingkan Melon berbentuk bulat dan tentunya dapat dijadikan buah tangan.


Rencananya, pihak Mekarsari akan menciptakan Melon dengan variasi bentuk yang lebih beragam lagi, tentunya dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi lagi.


Terlepas dari variasi bentuk, penciptaan ini tentunya menjadi terobosan baru dalam dunia pertanian di dunia, apalagi perubahan bentuk ini tidak merubah kualitas rasa.


Rencananya, Melon Kotak ini akan diproduksi dalam skala banyak pada bulan Juli 2009. Sampai saat ini pihak Taman Wisata Mekarsari belum menetapkan berapa harga jualnya. Yang jelas, Melon Kotak ini dapat dipesan minimal 3 bulan

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment





CARA DAPAT DUIT DARI BLOG KAMU,

MAU ???

ayo gabung di www.kumpulblogger.com, disitu kita bakalan dapet duit tambahan ya itung-itung buat tambah uang saku dan bayar internet caranya gampang dan nggak ribet. Cukup daftar dan ikuti petunjuknya

apa sih kumpulblogger itu ?

Adalah Jaringan Blogger Indonesia untuk mendapatkan alternatif penghasilan tambahan, dengan cara menyediakan spot/ruangan pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser.

Untuk Siapa KumpulBlogger.com?


Target Market KumpulBlogger.com adalah Blogger Indonesia dan Advertiser Lokal, dimana Blogger menyediakan Media dan Advertiser Memasok Pesan Komersial didalam Blog-blog yang terhubung pada jaringan KumpulBlogger.com

Cara Kerja KumpulBlogger.com ?


Blogger mendaftarkan blognya, copy dan paste code yang diberikan, Pasang Code tersebut pada Blog masing-masing Blogger. Advertiser mendaftarkan keanggotaan pada KumpulBlogger.com, melakukan kegiatan publishing, materi artikel/iklan/promotional yang disubmit oleh advertiser akan disebarkan kepada seluruh Blog yang terjaring dalam KumpulBlogger.com.

cara daftar kumpulblogger.com


pertama masuk ke www.kumpulblogger.com, kemudian kamu daftar disitu, gampang nggak susah cuma disuruh ngisi alamat e-mail kita aja (tunggu beberapa menit). buka e-mail kamu karena password dikirim ke e-mail kamu, setelah itu masuk kembali ke www.kumpulblogger.com lagi dan log in deh dengan password yang dikirim ke e-mail kamu tadi.

nah setelah itu klik "tambah blog" nanti isi dengan benar kolom-kolom yang tersedia seperti "nama blog, keterangan tentang blog, alamat URL blog, category, tag URL" yang pasti yang harus kamu isi adalah alamat URL blog, disitu kamu harus isi alamat blogmu dengan benar jika salah bisa-bisa kamu ngedaftarin blog orang lain hehehe.... jika sudah beres tinggal klik submit aja...

untuk mendapatkan uang dari blogmu kamu harus pasang iklan di blogmu, kita dapat duit dari para pengunjung yang ngeKLIK iklan kita untuk ngedapatin script iklan, kamu tinggal klik "Script Text Advertising untuk Blog anda" yang tersedia disitu.

jika sudah, kamu tinggal COPY aja tuh script kemudian kamu PASTE di blog kamu beres khan tinggal kamu promosikan aja blog kamu di web pemasangan iklan gratis dan tunggu uang yang bakalan mengalir kerekening bank kau, jika mau gabungin blog kamu di kumpulblogger klik aja disini !!

ok good luck !!!



:: ISI BLOG : KLIK SEGITIGA ::




All the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. We don't hold any copyright about these pictures and news. These pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. If any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.

 

news forum network sharing movies music translator kamus online peta online Kotak Pesan