End: KlikSaya.com -->

kotak
pencarian

Psoriasis, si Misterius yang Kerap Diabaikan



www.unik77.tk
all about unik 77 : percaya atau tidak, kalau bisa sih unik setuju ?



sumber :http://www.rileks.com/lifestyle/31102006130263-psoriasis-si-misterius-yang-kerap-diabaikan.html



http://www.psoriasisconnect.com/explained/images_explained/exfoliative_psoriasis.jpg




Belum lama ini sebuah seminar 'media edukasi' rampung diselenggarakan. Acara tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Harapan Hidup Penderita Psoriasis dapat ditingkatkan dengan terapi Dini dan Tepat". Acara yang dihadiri oleh berbagai media cetak dan online itu, berlangsung alot dengan pembahasan menyeluruh mengenai psoriasis.


http://content.revolutionhealth.com/contentimages/images-image_popup-arth7_psoriasis.jpg


Sebetulnya, apakah psoriasis itu? Menurut Prof. Dr. dr. Benny Effendi Wiryadi,Sp.KK(K) psoriasis merupakan suatu penyakit peradangan kronis (autoimun) pada kulit dimana penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat.



http://www.interhomeopathy.org/images/gallery/IH300-psoriasis_plaque.jpg



Benny memaparkan, Kemunculan penyakit ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama yang dapat timbul atau menghilang, penyakit ini secara klinis sifatnya tidak mengancam jiwa, tidak menular tetapi karena timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup seseorang bila tidak dirawat dengan baik.

penyakit psoriasis kadang masih kesulitan untuk didiagnosis lantaran gejala luarnya hampir sama dengan eksim kulit tampak meradang dan terkena iritasi."Karena kemiripannya, pada awalnya penderita sering mengabaikan gejala yang timbul," saat ditemui pada Seminar Psoriasis,di Hotel Sahid Jaya, Jumat (03/05).


http://www.psorialess.com/images/psoriasis%20on%20stomach%20area.jpg


Keunikan lain dari psoriasis adalah tidak ada gejala yang sama persis untuk tiap pasien. "Misalnya, gatal di kulit, belum tentu semua penderita psoriasis mengalaminya,"

Secara umum karakteristik psoriasis bisa diidentifikasi sebagai berikut. Pada kulit penderita awalnya tampak seperti bintik merah yang makin melebar. Kondisi ini diikuti dengan tumbuhnya sisik lebar putih berlapis sehingga tampak menebal. Lokasi timbulnya sisik ini tidak selalu di seluruh tubuh melainkan di bagian tertentu. Misalnya, pada siku, lutut, kulit kepala, dan kuku.


http://www.aafp.org/afp/20000201/725_f1.jpg


Karena sifatnya yang residif (hilang-timbul), maka kulit penderita prosiasis bisa segera membaik seperti kulit normal lainnya. Hal ini biasanya terjadi setelah warna kulit yang tadinya kemerahan berubah putih atau kehitaman.

Mengapa demikian? Penderita psoriasis mengalami proses pergantian kulit yang sangat cepat. Jika normalnya pergantian kulit pada manusia berlangsung selama 21-28 hari, pada penderita psoriasis bisa terjadi hanya dalam 2-4 hari.


http://z.about.com/d/dermatology/1/0/u/6/psoriasis04.jpg


Psoriasis tidak menular. Walaupun belum ditemukan secara pasti penyebab psoriasis, namun psoriasis digolongkan sebagai suatu penyakit autoimun, artinya suatu penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel tubuh sendiri.

Terdapat 5 jenis psoriasis utama yaitu:
a. Psoriasis vulgaris (tipe plak kronis)
b. Psoriasis gutata (eruptiva)
c. Eritoderma psoriatika
d. Psoriasis pustulosa (lokalisasi & generalisata)
e. Artritis psoriatika



http://www.nu-life.co.uk/images/Psoriasis.jpg



sejauh ini para dokter yang meneliti, berpendapat penyakit kronis tersebut bersifat genetis. "Jadi bisa diturunkan. Kalau satu orang di keluarga terkena, kemungkinan keturunannya 15% bisa terkena juga," papar Benny seraya menegaskan psoriasis sama sekali tidak menular.



http://www.rozakanina.bizland.com/Psoriasis%20vulgaris.jpg



Kendati demikian, ada sejumlah pemicu yang diperkirakan dapat menimbulkan psoriasis. Di antaranya, trauma garukan/gesekan dan tekanan yang berulang-ulang, emosi tidak terkendali, gangguan metabolisme, merokok, makanan berkalori sangat tinggi dan mengandung alkohol, serta obat oral tertentu misalnya obat antihipertensi dan antibiotik.


http://www.fda.gov/fdac/graphics/2004graphics/psoriasisinfog.jpg


Pada beberapa kasus, penderita psoriasis bisa mengalami komplikasi serius. Misalnya, psoriasis arthritis (menyerang persendian), psoriasis postula (bernanah), serta psoriasis eritoderma (kulit penderita kehilangan fungsi perlindungan, sehingga penderita mudah terkena infeksi dan dapat mengakibatkan kematian).

Hingga saat ini, psoriasis belum bisa disembuhkan. Pengobatan yang ada hanya bersifat menekan gejala yang muncul, memperbaiki keadaan kulit, dan mengurangi rasa gatal.(yon)

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment





CARA DAPAT DUIT DARI BLOG KAMU,

MAU ???

ayo gabung di www.kumpulblogger.com, disitu kita bakalan dapet duit tambahan ya itung-itung buat tambah uang saku dan bayar internet caranya gampang dan nggak ribet. Cukup daftar dan ikuti petunjuknya

apa sih kumpulblogger itu ?

Adalah Jaringan Blogger Indonesia untuk mendapatkan alternatif penghasilan tambahan, dengan cara menyediakan spot/ruangan pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser.

Untuk Siapa KumpulBlogger.com?


Target Market KumpulBlogger.com adalah Blogger Indonesia dan Advertiser Lokal, dimana Blogger menyediakan Media dan Advertiser Memasok Pesan Komersial didalam Blog-blog yang terhubung pada jaringan KumpulBlogger.com

Cara Kerja KumpulBlogger.com ?


Blogger mendaftarkan blognya, copy dan paste code yang diberikan, Pasang Code tersebut pada Blog masing-masing Blogger. Advertiser mendaftarkan keanggotaan pada KumpulBlogger.com, melakukan kegiatan publishing, materi artikel/iklan/promotional yang disubmit oleh advertiser akan disebarkan kepada seluruh Blog yang terjaring dalam KumpulBlogger.com.

cara daftar kumpulblogger.com


pertama masuk ke www.kumpulblogger.com, kemudian kamu daftar disitu, gampang nggak susah cuma disuruh ngisi alamat e-mail kita aja (tunggu beberapa menit). buka e-mail kamu karena password dikirim ke e-mail kamu, setelah itu masuk kembali ke www.kumpulblogger.com lagi dan log in deh dengan password yang dikirim ke e-mail kamu tadi.

nah setelah itu klik "tambah blog" nanti isi dengan benar kolom-kolom yang tersedia seperti "nama blog, keterangan tentang blog, alamat URL blog, category, tag URL" yang pasti yang harus kamu isi adalah alamat URL blog, disitu kamu harus isi alamat blogmu dengan benar jika salah bisa-bisa kamu ngedaftarin blog orang lain hehehe.... jika sudah beres tinggal klik submit aja...

untuk mendapatkan uang dari blogmu kamu harus pasang iklan di blogmu, kita dapat duit dari para pengunjung yang ngeKLIK iklan kita untuk ngedapatin script iklan, kamu tinggal klik "Script Text Advertising untuk Blog anda" yang tersedia disitu.

jika sudah, kamu tinggal COPY aja tuh script kemudian kamu PASTE di blog kamu beres khan tinggal kamu promosikan aja blog kamu di web pemasangan iklan gratis dan tunggu uang yang bakalan mengalir kerekening bank kau, jika mau gabungin blog kamu di kumpulblogger klik aja disini !!

ok good luck !!!



:: ISI BLOG : KLIK SEGITIGA ::




All the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. We don't hold any copyright about these pictures and news. These pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. If any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.

 

news forum network sharing movies music translator kamus online peta online Kotak Pesan